welcome

Rabu, 17 Oktober 2012

mudahnya membaca not angka



Banyak orang mencap dirinya tidak berbakat dalam bidang seni musik. Sehingga, rasa malas muncul saat ada pelajaran musik di sekolah, gereja dsb. Melihat not-not yang terterah pada teks lagu membuatnya menyerah dan merasa minder karena tidak paham dengan simbol-simbol tersebut.

Tetapi dilihat dari kehidupan sehari-harinya ia tidak pernah lepas dari musik. Setiap bangun pagi, diawali dengan bunyi radio FM, menyanyikan lagu-lagu cinta, bahkan sambil kerja misalnya mencuci piring biasanya sambil bernyanyi. Selain itu, hampir di setiap kamar mandi yang pernah saya amati orang mengiringi kegiatan mandinya dengan menyanyikan lagu yang ia sukai (biasanya sambil bersiul-siul).

Dalam kegiatan kerohanian pun musik merupakan hal yang sangat diutamakan. Setiap jam 6 sore kita mendengarkan nyanyian atau suara azan magrib yang dikumandangkan dari Masjid. Setiap Minggu kita mendengarkan nyanyian dan kidung yang indah dinyanyikan oleh umat Kristiani di Gereja-Gereja. Setiap ada pesta orang mati di Toraja pasti selalu ada suara orang Ma’ Badong.

Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang mencintai musik. Kata “tidak berbakat pada bidang seni musik” merupakan halangan bagi mereka untuk mempelajari teori musik. Dan perlu kita ingat, setiap lagu yang kita nyanyikan semuanya memiliki notasi. Notasi merupakan simbol-simbol atau pedoman yang terterah pada teks lagu yang selama ini digunakan oleh para musisi atau artis sebagai pedoman dalam memainkan musiknya. Notasi itu pada umumnya ada dua yang sering digunakan dalam bermusik yaitu: notasi angka dan notasi balok.

Dalam artikel ini, yang akan dibahas adalah notasi angka dimana notasi angka ini lebih umum digunakan pada bidangvocal atau bernyanyi. Selain itu juga akan dibahas juga cara-cara mudah membaca notasi angka dengan beberapa teori yang praktis dan mudah dimengerti (jika kita dapat menekuninya dengan baik).

Jadi, selain menyanyikan lagu yang indah, mungkin ada baiknya juga mengetahui notasi atau not apa yang ada pada lagu tersebut.

Selamat berlatih!

Perbedaan Antara Not Balok dan Not Angka Dalam Permainan Piano/Keyboard


Dalam bermain piano / keyboard, umumnya dibutuhkan partitur yang menunjukkan not dan akor / kunci yang harus dimainkan. Kadang orang masih bingung dengan penulisan not angka dan not balok. Not balok sering dianggap sulit dan membingungkan sedangkan not angka mudah, sehingga orang yang bisa membaca not balok dianggap hebat. Apakah memang demikian ? Venny Music akan membahas tentang perbedaan not balok dan not angka dan mengapa suatu partitur ditulis dalam not balok maupun not angka.
Kelebihan not balok :
- Mampu menunjukkan posisi not dengan jelas sehingga tidak akan tertukar posisi nada rendah dan nada tinggi.
- Mampu menunjukkan nilai not secara tepat dengan adanya gambar bendera, blok hitam atau putih pada kepala not.
- Dapat dipahami oleh orang lain di seluruh dunia. Bisa dikatakan not balok merupakan bahasa musik universal yang dapat diterima oleh semua orang di seluruh dunia. Ini bisa dianalogikan dengan bahasa Inggris yang menjadi bahasa universal di seluruh dunia.
Kelemahan not balok :
- Penulisannya lebih lama dan sulit.
- Bagi yang belum terbiasa, memainkan lagu dengan not balok terasa lebih sulit.



Kelebihan not angka :
- Penulisannya mudah dan cepat.
- Kode angka lebih mudah dipahami bagi sebagian besar orang, terutama bagi pemula di bidang musik.
Kelemahan not angka :
- Tidak bisa menunjukkan posisi not pada tuts piano dengan tepat. Posisi nada tinggi biasanya hanya diberi tanda titik di atas angka, dan posisi nada rendah biasanya diberi tanda titik di bawah angka. Seringkali tanda titik tidak jelas sehingga menyulitkan pembacaan not.
- Kurang jelas menunjukkan nilai not atau ketukan karena hanya berupa angka-angka, berbeda dengan not balok yang berupa gambar dan bisa ditambah-tambahi (bendera, blok hitam atau putih pada kepala not).

Jadi musik yang ditulis dengan not balok akan lebih mudah dipahami oleh orang lain di seluruh dunia. Lalu bagaimana bisa membaca not balok dengan lancar ? Mungkin itu pertanyaan pada umumnya. Seperti halnya belajar bahasa Inggris, jika tidak pernah digunakan untuk bercakap-cakap maka akan mudah lupa. Musik yang ditulis dalam not balok jika tidak sering dimainkan juga akan mudah lupa dan terasa sulit. Kuncinya hanya pada latihan dan latihan terus-menerus. Not balok hanya mempermudah orang untuk mengetahui posisi not, sehingga dapat menangkap maksud penulis lagu dengan baik. Menghafal not balok mungkin saat itu bisa, namun spontanitas dalam membaca not (istilahnya : sight reading) akan kurang baik bila dibandingkan dengan orang yang sering memainkannya. Bagi yang belum terbiasa membaca not balok, jangan kecil hati. Teruslah berlatih memainkan lagu dengan membaca not balok. Lama-kelamaan pasti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar